237 Santri TPA – DTA di Dua Kecamatan Wisuda Akbar

image

Kuningan – Ratusan santri TPA dan DTA se Kecamatan Cilimus dan Cigandamekar di wisuda di Graha Sacawana Desa/Kec. Cilimus tanggal 24 Mei 2015. Mereka berasal dari 21 lembaga dengan total 273 santri. Wisuda tersebut diselenggarakan oleh FORMAT (Forum Madrasah Diniyah dan TPA) se Kec. Cilimus dan Cigandamekar.
“Wisuda tahun 2015 ini diikuti sebanyak 21 lembaga, yang terdiri dari 7 lembaga TPA sebanyak 89 Orang dan 14 lembaga DTA sebanyak 184 orang yang ada dilingkup Kec. Cilimus dan Cigandamekar, dengan jumlah santri seluruhnya sebanyak 273 santri”. Sebut Ketua Format, Sukerih.
Jumlah tersebut kata dia, melebihi rencana semula yang hanya 200 santri. Menurut sukerih, ini merupakan hasil kerja keras seluruh rekan yang berada di Format. “Semoga kekompakan dan kerja keras ini yerus dijaga oleh pengurus Format.”ujarnya.

image

Para santri DTA dan TPA tampak sangat antusias dalam mengikuti kegiatan wisuda tersebut. Terbukti, mereka sangat semangat dalam melakukan pawai keliling dengan menggunakan seragam wisuda dan dimeriahkan pula oleh drum band dari MTs PUI Cilimus, sebelum memasuki gedung tempat berlangsungnya acara wisuda.
Semakin lama, tempat acara semakin padat tatkala orang tua / wali santri berdatangan untuk menyaksikan putra dan putri kesayangannya diwisuda. Tampak menghadiri acara, para pejabat dari Kemenag Kuningan, Camat Cilimus, FKDT Kuningan, FKDT Cilimus. Dan BKPRMI Kuningan.
“Adapun lembaga yang mengikuti kegiatan wisuda ini antara lain : DTA Baiturrahmah Bojong, TPA Baiturrahmah Bojong, DTA Khoiru Ummah Bojong, DTA Baiturrahman Caracas, DTA At Taqwa Bandorasawetan, TPA Al Furqon Bojong, DTA Sirojul Munir Bandorasawetan, DTA Miftahul Manan Kaliaren, serta DTA Al Hidayah Kaliaren,” sebutnya.
image
Selain itu, ikut pula para santri dari DTA Daril Hikmah Caracas, DTA Nurhidayah Linggaindah, DTA Nurul Hikmah Linggamekar, TPA Al Munawwar Bandorasawetan, TPA Istiqomah Setiannegara, DTA Islamiyah Linggamekar, DTA Nurhasanah Setianegara, DTA Al Ikhlas Linggasana, TPQ Baabussalam Bandorasawetan, TPA Ath Thohiriyah Bojong, TPA Al Muqorrobin Cilimus, dan DTA Madinatunnajah Setianegara.
“Saya memberikan penghargaan yang sebesar-besarnya telah terlaksananya wisuda ini, tentunya kegiatan ini terus ditingkatkan karena ini bagian dari syiar untuk meyakinkan bahwa Madrasah Diniyah kedepan akan terus eksis sehingga nanti ijazah Madrasah Diniyah menjadi salah satu persyaratan dalam penerimaan siswa baru si SMP/MTs” kata Ahmad Fauzi, M.Ag selaku Kasi PD Pontren Kemenag.
Dalam prosesi wisuda ini dimeriahkan pula oleh penampilan dari santri DTA dan TPA seperti marawis dan hafalan surat. Bagi sebagian DTA dan TPA, pelaksanaan wisuda ini adalah menjadi yang pertama kali dilaksanakan. Karena ditahun-tahun sebelumnya mereka tidak pernah melaksanakan acara seperti itu.
“Adanya pelaksanaan wisuda akbar ini dapat menjadi penyemangat santri agar tetap terus mengikuti kegiatan belajar sampai akhir baik di DTA maupun TPA terutama adik-adik kelasnya.” Kata salah seorang pengajar di DTA.
Dalam mewakili seluruh pengajar DTA dan TPA, Sukerih selaku ketua FORMAT mengucapkan selamat kepada santriwan dan santriwati TPA dan DTA yang diwisuda. Semoga. Sambungnya, bekal pendidikan yang telah diterima di TPA dan DTA, dapat memberikan manfaat, hususnya bagi diri sendiri untuk masa yang akan datang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s